Iklan Header

5 Manfaat Bermain Badminton Untuk Kesehatan Tubuh, Ingin Tahu?

JD Admin
Editor: Redaksi Kamis, 14 April 2022, 12.16 WIB Last Updated 2022-04-14T05:16:04Z
Baca Juga

5 Manfaat Bermain Badminton Untuk Kesehatan Tubuh, Ingin Tahu? - Bermain badminton menjadi salah satu faktor yang semakin mendukung setiap orang untuk memainkan olahraga yang satu ini. Dengan memiliki banyak sekali manfaat khususnya untuk kesehatan tubuh, olahraga badminton ini semakin banyak digemari dan sering dimainkan. 


5 Manfaat Bermain Badminton Untuk Kesehatan Tubuh, Ingin Tahu?


Badminton ini memang sudah menjadi salah satu olahraga yang memiliki banyak penggemar khususnya di Indonesia, dikarena juga olahraga ini memiliki banyak manfaat yang bisa anda coba. Ketika anda tidak punya banyak waktu untuk pergi ke Gym tetapi ingin tetap aktif bergerak, anda cukup bisa bermodalkan kok dan raket badminton untuk bisa langsung bertanding. Badminton ini banyak manfaat yang bisa anda dapat untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu sebagai berikut.


5 Manfaat Bermain Badminton Untuk Kesehatan Tubuh


1. Mengurangi Stres


Olahraga badminton tentunya menjadi olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan mental. Otak akan melepaskan semua hormon mood bahagia dalam jumlah banyak ketika anda berolahraga seperti endorfin, depamin, serotonin, dan triptofan untuk menggantikan hormon kortisol dan epineprin, dua hormon pemicu stres. Itu sebabnya kenapa olahraga sering disarankan sebagai terapi tambahan untuk mengelola gejala berbagai penyakit mental, dan salah satunya adalah dengan bermain badminton.


Baca Juga: Cara Melangsingkan Badan dengan Cepat dan Alami, Ikuti Caranya!


2. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak


Bermain badminton bisa dibilang merupakan salah satu jenis olahraga otak. Volume aliran darah akan meningkat pesat dari jantung ke otak selama anda aktif bergerak, dan ini akan meningkatkan kerja saraf dan meningkatkan massa otak. Bermain badminton secara rutin bisa membantu anda dalam menjaga kepadatan tulang sejak dini dan mencegah perkembangan osteoporosis di masa tua mendatang.


3. Meningkatkan Kebugaran dan Bisa Menurunkan Berat Badan


Olahraga badminton merupakan salah satu olahraga kardio, jenis kardio ini merupakan jenis latihan untuk bisa menguatkan otot jantung. Jika otot jantung kita kuat maka pembuluh darah akan mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat, pembuluh darah yang kuat dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Jadi jelas olahraga badminton ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh khususnya dalam menguatkan otot jantung.


4. Menguatkan Otot dan Persediaan Tubuh


Bermain badminton ini akan melibatkan banyak gerak anggota tubuh seperti paha, bokong, otot betis, panggul dan pinggul yang dipakai ketika melompat dan berlari hingga lengan atas dan otot punggung untuk memukul bola. Otot dan persendian yang kuat dan fleksibel akan mencegah anda dari berbagai risiko cedera saat berolahraga maupun ketika beraktivitas harian.


5. Mencegah dari Sejumlah Penyakit


Selanjutnya manfaat dari bermain badminton adalah bisa mencegah dari sejumlah macam penyakit. Olahraga ini bisa mengurangi atau menghilangkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hingga obesitas, dan olahraga ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan mengurangi kadar trigliserida, meningkatkan koresterol baik, dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.


Banyak lagi tentunya manfaat dari bermain badminton ini, akan tetapi semua manfaat yang sudah admin sampaikan diatas juga ini merupakan manfaat yang paling efektif ketika kita bermain badminton.


Demikianlah 5 Manfaat Bermain Badminton Untuk Kesehatan Tubuh yang bisa anda coba dengan teman ataupun keluarga. Semoga bisa bermanfaat dan bisa anda gunakan dengan sebaik-baiknya. Sekian dan terimakasih!



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+