Iklan Header

Apakah Traveloka Paylater Masuk Laporan BI Checking?

JD Admin
Editor: Redaksi Senin, 01 Januari 2024, 20.17 WIB Last Updated 2024-01-01T13:17:26Z
Baca Juga

Apakah Traveloka Paylater Masuk Laporan BI Checking? - Banyak sekali orang bertanya mengenai "Apakah aplikasi Traveloka Paylater masuk BI Checking (SLIK OJK) atau tidak 2024?" Informasi tentang Traveloka Paylater masuk BI Checking ini ternyata sering kali ditanyakan oleh mereka pengguna yang mengalami telat bayar atau gagal bayar tagihan Traveloka Paylater hinga berbulan-bulan.


Apakah Traveloka Paylater Masuk Laporan BI Checking?


Seiiring dengan berkembangan era zaman digital saat ini banyak sekali platform aplikasi atau platform paylater pinjaman online bermunculan yang menawarkan dana pinjaman kepada masyarakat dengan persyaratan yang terbilang sangat mudah, tenor panjang, bunga rendah dan masih banyak lainnya.


Dengan begitu masyarakat yang sedang berada dalam kondisi membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan tidak ingin disalah gunakan dengan berupa persyaratan dari bank tentunya akan langsung memilih untuk mengajukan pinjaman uang melalui aplikasi pinjaman paylater secara online saja.


Namun banyak ternyata masyarakat saat ini yang kurang berhati-hati ketika hendak menggunakan aplikasi paylater tersebut. Banyak sekali dari mereka yang tidak memperhatikan sama sekali bahwa aplikasi paylater yang sedang digunakannya tersebut apakah masuk BI Checking atau tidak?


Maka untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan membahas masalah yang sedang banyak dialami oleh masyarakat saat ini. Nah, salah satu yang berkaitannya yaitu dengan aplikasi Traveloka Paylater, apakah Traveloka Paylater masuk laporan BI Checking? Yuk langsung saja simak review selengkapnya di bawah ini sampai selesai.


Apa itu BI Checking?


Apakah anda pernah mendengar dengan sebutan BI Checking? BI Checking adalah sebuah Informasi Debitur Individual (IDI) historis yang di dalamnya akan mencatat lancar atau tidaknya pembayaran kredit pinjaman. BI Checking ini nantinya akan memberikan informasi terkait riwayat kredit seorang pengguna atau nasabah yang dipertukarkan antar bank dan lembaga keuangan.


Semakin besar nilai skor BI Checking, maka secara otomatis nasabah akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman uang kembali ke dalam platform aplikasi pinjaman online atau lainnya. Adapun sebaliknya jika nilai skor kredit BI Checking rendah, maka secara otomatis pengajuan pinjaman kredit pinjaman uang pun akan semakin dipermudah.


BI Checking ini dulunya adalah sebuah layanan informasi riwayat kredit dalam Sistem Informasi Debitur (SID). Informasi yang dipertukarkan di dalamnya ini antara lain yaitu jumlah pembiayaan yang diterima, identitas debitur agunan, pemilik dan pengurus sebuah badan usaha yang menjadi debitur, kredit pinjaman macet dan riwayat pembayaran cicilan kredit.


Traveloka Paylater Masuk BI Checking?


Apakah Traveloka Paylater masuk laporan BI Checking atau tidak? Dilansir dari berbagai sumber ternyata aplikasi paylater yang satu ini sudah masuk ke dalam laporan BI Checking atau SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK. Ini artinya jika ada masyarakat yang sedang atau dan pernah memiliki pinjaman di aplikasi Traveloka Paylater dan kemudian melakukan galbay, maka catatan pembayaran secara otomatis akan langsung masuk tercatat ke dalam daftar hitam BI Checking atau SLIK OJK.


Jika pengguna tidak membayar tagihan dalam waktu 30 hari, maka sudah dipastikan pengguna secara otomatis akan mendapatkan biaya keterlambatan dan kredit sama seperti halnya dengan penggunaan pada kartu kredit. Adapun secara keseluruhan pengguna memiliki waktu hingga 90 hari sejak awal jatuhnya tempo pembayaran.


Jika melewati dalam jangka waktu tersebut, maka sudah dipastikan pengguna akan dimasukkan ke dalam kategori sebagai debitur atau nasabah yang sedang bermasalah. Hal tersebut nantinya akan mempengaruhi adanya dampak pada riwayat BI Checking menjadi buruk.


BI Checking yang buruk akan menyebabkan masalah di beberapa kemudian hari khususnya untuk masalah keuangan. Para nasabah nantinya akan mengalami kesulitan untuk bisa mengajukan pinjaman uang di platform aplikasi pinjaman online atau paylater lainnya sekaligus layanan konvensional seperti perbankan pada umumnya.


Akhir Kata


Demikianlah pembahasan mengenai Traveloka Paylater Masuk BI Checking yang dapat admin sampaikan pada kali ini versi jabardigital.com. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membuat anda lebih berhati-hati kembali dalam urusan meminjam uang di aplikasi Traveloka Paylater tersebut.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+