Iklan Header

Kenapa Penyakit Rabies Takut Air, Angin dan Mematikan?

JD Admin
Editor: Redaksi Selasa, 05 Desember 2023, 19.43 WIB Last Updated 2023-12-05T12:43:39Z
Baca Juga

Kenapa Penyakit Rabies Takut Air, Angin dan Mematikan? - Banyak sekali saat ini masyarakat yang bertanya "Kenapa pasien atau orang yang memiliki penyakit (penderita) rabies takut terkena air dan sekaligus angin?", dan pertanyaan tersebut hingga saat ini tentunya masih banyak ditanyakan langsung melalui sumber internet.


Kenapa Penyakit Rabies Takut Air, Angin dan Mematikan?


Rabies merupakan penyakit yang disebabkan langsng oleh virus rabies dan ditularkan melewati gigitan atau luka yang terkontaminasi oleh air liur hewan yang tentunya akan terinfeksi. Setelah virus tersebut berhasil masuk ke dalam salah satu anggota tubuh orang atau manusia, maka virus tersebut secara otomatis akan langsung menyebar ke siste saraf pusat dan kemudian menyebabkan beberapa perubahan yang diantaranya yaitu mulai dari gangguan neurologis, tingkah laku, dan sekaligus kematian jika dibiarkan.


Adapun beberapa gejala yang mungkin akan muncul pada tahap selanjutnya yaitu meliputi beberapa faktor yaitu mulai dari kesulitan untuk menelan, rasa gelisah yang tidak terkendali, kecemasan, dan sekaligus kejang terhadap otot. Nah, lalu apakah benar penyakit atau pasien yang terkena penyakit rabies tersebut takut dengan air dan angin?


Kenapa Penyakit Rabies Takut Air dan Angin?


Ada terdapat sebuah kabar bahwa seorang anak tidak langsung mendapatkan perawatan atau suntik rabies setelah digigit oleh seekor anjing sehingga tidak bisa diselamatkan (mematikan) akibatnya adanya penyakit rabies yang telah masuk ke dalam tubuh anak tersebut. Hal ini tentunya membuat banyak orang langsung berspekulasi, apakah benar orang terkena penyakit rabies takut air?


Orang yang takut dengan air ini biasanya disebut dengan Hydrophobia. Gejala ini merupakan sebuah penyakit takut yang intens terhadap air ataupun cairan saat mencoba untuk menelan maupun disiram. Hal ini terjadi dikarenakan efek langsung dari otot tenggorokan dan lidahnya yang bisa menyebabkan kesulitan untuk menelan sehingga takut dengan air.


Selanjutnya banyak sekali orang yang bertanya mengenai penyakit rabies apakah takut dengan angin? Adapun penyakit rabies membuat seseorang takut dengan angin ini adalah salah satu mitos yang berkembang dalam masyarakat hingga saat ini. Buktinya saja takut dengan angin bukanlah gejala khas atau langsung terkait dengan infeksi pada rabies.


Akhir Kata


Demikianlah informasi singkat mengenai kenapa penyakit rabies takut air dan angin yang dapat admin sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi yang baik, sekian & terimakasih.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+