Iklan Header

Apakah Benar Akan Terjadi Badai Matahari Carrington 2024 dan Kapan Waktunya?

JD Admin
Editor: Redaksi Minggu, 14 Januari 2024, 08.15 WIB Last Updated 2024-01-14T21:58:22Z
Baca Juga

Apakah Benar Akan Terjadi Badai Matahari Carrington 2024 dan Kapan Waktunya? - Dalam beberapa waktu terakhir, beredar kabar mengerikan mengenai potensi terjadinya Solar Storm atau badai Matahari pada tahun 2024 sekarang ini.


Apakah Benar Akan Terjadi Badai Matahari Carrington 2024 dan Kapan Waktunya?


Lalu apakah benar badai matahari akan terjadi kiamat internet menurut nasa 2025, efek bagi manusia paling berbahaya atau tidak? Fenomena ini diprediksi akan memberikan dampak serius bagi bumi, menciptakan suasana mirip zaman purba dimana manusia terputus dari sumber energi listrik dan sekaligus mengalami kiamat internet dalam jangka waktu yang cukup lama..


Peristiwa serupa pernah terjadi pada tahun 1859, dikenal sebagai Peristiwa Carrington. Pada 2 September 1859, bumi mengalami badai geomagnetik ekstrem yang mengakibatkan gangguan jaringan listrik secara global. Peristiwa ini, dinamakan dari astronom Inggris terkemuka abad ke-19, Richard Carrington, menyebabkan kekacauan dalam navigasi laut dan gangguan pada jaringan telegraf di seluruh dunia.


Namun untuk memahami lebih dalam tentang apa dan bagaimana Peristiwa Carrington terjadi, kita perlu melihat ke kisah di balik fenomena ini. Richard Carrington seorang ahli astronomi menjadi saksi mata peristiwa ini saat tengah fokus meneliti matahari pada abad ke-19. Penelitiannya terfokus pada posisi kutub utara dan selatan matahari.


Salah satu penemuan signifikan Carrington adalah bahwa matahari tidak berputar sebagai benda padat, sebaliknya materi matahari berputar lebih cepat di ekuator dibandingkan di kutub-kutubnya. Dirinya juga mengamati variasi bintik matahari, yang disebut bintik matahari pada garis lintang selama siklus matahari 11 tahun.


Baca Juga: TERJAWAB! Halo Google Siapa Gubernur Paling Bodoh dan Tolol di Dunia Ini?


Pada awal September 1859, Carrington sedang mengamati bintik matahari ketika ia melihat kilatan cahaya terang yang kemudian diyakini sebagai corona mass ejection (CME) atau letusan massa di dekat permukaan matahari. Temuan ini segera dilaporkan ke Royal Astronomical Society.


Partikel matahari yang bergerak cepat melintasi ruang angkasa dan menuju Bumi mengakibatkan kerusakan pada medan geomagnetik. Ledakan partikel matahari ini telah mencapai sekitar 1.026 elektron volt energi, setara dengan kekuatan bom nuklir 10 megaton. Adapun untuk jumlah energi ini sebanding dengan energi yang dilepaskan oleh matahari dalam waktu sekitar 10 detik.


Peristiwa Carrington menjadi catatan terkuat dalam sejarah badai geomagnetik matahari karena dampaknya yang merusak jaringan teknologi di Bumi. Meskipun badai mereda keesokan harinya dan jaringan telegraf diperbaiki, kejadian ini masih dikenang hingga saat ini.


Apakah Badai Matahari Akan Terjadi?


Saat ini tahun 2024, beredar kabar mengenai potensi terjadinya badai Matahari yang serupa. Meski disebut dengan istilah Solar Storm, efek yang diantisipasi tetap serius: matinya jaringan listrik dan internet di seluruh dunia. Dalam gambaran yang cukup dramatis, manusia diibaratkan akan kembali ke "Zaman Purba," bergantung pada sumber energi primitif dan sistem barter untuk bertahan hidup.


Namun seiring dengan kabar ini, penting untuk mempertimbangkan bahwa prediksi manusia terkadang bisa meleset. NASA sebagai badan antariksa terkemuka, memberikan peringatan mengenai potensi badai Matahari ini. Mereka menekankan bahwa siklus Matahari, dengan rentang sekitar 11 tahun, sulit untuk diprediksi kebenarannya. NASA juga menyebutkan bahwa sebagian besar siklus tersebut tidak dapat diprediksi dengan akurat.


Jadi pada akhirnya, apakah badai Matahari ini benar-benar akan terjadi pada tahun 2024 atau tidak, masih menjadi tanda tanya besar. Bagi kita yang terpenting adalah melakukan ikhtiar, tawakal, dan berdoa agar prediksi tersebut tidak terjadi. Melibatkan elemen alam seperti badai Matahari memang menunjukkan betapa kompleksnya dunia di luar sana dan seberapa kecilnya kita sebagai manusia di hadapannya.


Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sering kali kita terlalu terpaku pada perkembangan teknologi dan kenyamanan modern. Akan tetapi, peristiwa seperti Peristiwa Carrington dan potensi badai Matahari mengingatkan kita akan kerapuhan kita sebagai bagian dari alam semesta yang begitu luas dan misterius.


Sementara kita tidak dapat mengubah atau mengontrol fenomena alam ini, kita dapat mempersiapkan diri dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampaknya. Sumber daya manusia dalam hal ini adalah kreativitas, ketangguhan, dan kemampuan beradaptasi.


Jika kita menghadapi masa zaman purba yang disebabkan oleh badai Matahari atau peristiwa alam lainnya, mungkin saatnya kita menggali kembali kebijaksanaan nenek moyang dalam bertahan hidup. Namun untuk saat ini, kita hanya bisa menunggu dan melihat apakah prediksi mengenai badai Matahari tahun 2024 akan menjadi kenyataan atau tidak.


Kita bisa belajar dari sejarah seperti Peristiwa Carrington, namun tetap perlu menyadari bahwa alam semesta ini penuh dengan misteri dan kejutan. Hanya dengan rasa keterbukaan, kerendahan hati, dan kebijaksanaan, kita dapat menghadapi tantangan alam dengan bijaksana. Semoga kita semua tetap aman dan dapat menghadapi masa depan dengan ketenangan dan keberanian.


Akhir Kata


Demikianlah informasi singkat mengenai badai matahari carrington 2024 apakah akan terjadi kembali yang dapat admin sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga pembahasan di atas ini bisa bermanfaat dan sekaligus menjadi referensi yang baik, sekian dan terimakasih.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+