Iklan Header

Back Azimuth dari 330° Adalah Berapa? Jawabannya Disini

JD Admin
Editor: Redaksi Kamis, 11 Januari 2024, 07.01 WIB Last Updated 2024-01-11T00:01:20Z
Baca Juga

Back Azimuth dari 330° Adalah Berapa? Jawabannya Disini - Dalam ilmu navigasi, istilah back azimuth atau azimut mundur ini ternyata adalah merujuk pada arah yang berlawanan dengan azimut yang diukur dari sebuah titik referensi.


Back Azimuth dari 330° Adalah Berapa? Jawabannya Disini


Azimut sendiri merupakan sudut horizontal yang diukur searah jarum jam dari arah utara. Sebagai contoh saja yaitu jika kita memiliki azimut 330°, maka back azimuth-nya akan menjadi 150°, mengapa demikian? Yah karena 330° + 180° = 510°, dan mengurangkan 360° akan menghasilkan 150°.


Signifikansi Back Azimuth dalam Navigasi


Orientasi dan Penentuan Arah


Back azimuth sangat penting dalam navigasi untuk dapat menentukan arah yang berlawanan dari suatu titik referensi. Misalnya yaitu dalam kegiatan hiking atau pelayaran, mengetahui back azimuth membantu seseorang untuk tetap terorientasi dan menghindari tersesat.


Pentingnya dalam Pemetaan


Dalam konteks pemetaan, back azimuth ini tentunya akan membantu dalam penentuan hubungan spasial antar titik atau fitur. Surveyor atau pemeta menggunakan back azimuth untuk membuat peta yang akurat dan dapat diandalkan.


Pelatihan Militer dan Petualangan


Dalam konteks pelatihan militer, pengetahuan tentang back azimuth adalah keterampilan dasar. Para prajurit dilatih untuk membaca arah dan menavigasi di berbagai kondisi medan, dan back azimuth menjadi bagian integral dari keterampilan ini.


Penyelamatan dan Pertolongan


Dalam situasi darurat, pengetahuan tentang back azimuth dapat menjadi keterampilan vital. Misalnya yaitu jika seseorang tersesat di hutan, mengetahui arah mundur mereka dapat membantu mereka untuk kembali ke tempat keberangkatan atau mencapai daerah yang lebih aman.


Navigasi Tanpa Alat


Pengetahuan tentang back azimuth memiliki peranan khusus dalam navigasi tanpa alat. Jika seseorang kehilangan kompas atau perangkat navigasi modern, maka dia masih dapat menentukan arahnya dengan mengandalkan pengetahuan tentang azimut dan back azimuth.


Dalam dunia navigasi, back azimuth adalah konsep yang memiliki signifikansi besar. Kemampuan untuk menentukan arah mundur dari suatu titik referensi memainkan peranan penting dalam banyak konteks, mulai dari kegiatan outdoor hingga pemetaan dan operasi militer.


Pengetahuan tentang back azimuth ini juga menyoroti pentingnya keterampilan navigasi tanpa alat dalam situasi darurat atau ketidakpastian. Oleh karena itu, pemahaman tentang back azimuth ini tidak hanya menjadi keahlian penting bagi para petualang dan navigator, namun juga relevan dalam konteks yang lebih luas seperti ilmu geografi dan pemetaan.


Back Azimuth dari 330° Adalah?


Azimut balik atau back azimuth dari suatu arah ditemukan dengan menambahkan 180 derajat jika arah tersebut kurang dari 180 derajat, atau sebaliknya yaitu mengurangkan 180 derajat jika arah tersebut lebih dari 180 derajat. Adapun dalam kasus ini, 330° adalah lebih dari 180 derajat, jadi kita harus mengurangkan 180 derajat yaitu seperti cara di bawah ini:
  • 330°-180°= 150°
Jadi, back azimuth dari 330° jawabannya adalah 150°.

Akhir Kata


Demikianlah informasi singkat mengenai back azimuth dari 330 adalah yang dapat admin sampaikan pada artikel pembahasan kali ini. Semoga pembahasan di atas ini bisa bermanfaat dan sekaligus berguna, sekian dan terimakasih.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+