Iklan Header

Finmas Apakah Sebar Data atau Tidak? Simak Pembahasannya

JD Admin
Editor: Redaksi Senin, 29 April 2024, 19.36 WIB Last Updated 2024-04-29T12:36:59Z
Baca Juga

Finmas Apakah Sebar Data atau Tidak? Simak Pembahasannya - Banyak sekali para pengguna yang bertanya apakah aplikasi pinjol Finmas akan sebar data atau tidak? Pertanyaan yang satu ini seolah-olah menjadi masalah tersendiri baik bagi pengguna aplikasi Finmas maupun bagi yang ingin mencoba menggunakan aplikasinya tersebut.


 Finmas Apakah Sebar Data atau Tidak? Simak Pembahasannya


Bagi kalian semua yang mungkin masih minim informasi lebih dalamnya lagi mengenai seluk beluknya aplikasi pinjaman online, maka penting sekali bahwa setiap aplikasi pinjol ini akan meminta izin akses data smartphone para penggunanya seperti aplikasi pinjaman online yang akan admin review atau bahas pada kesempatan kali ini yaitu Finmas.


Setidaknya ada tiga aturan yang telah ditetapkan oleh OJK kepada aplikasi pinjaman online untuk bisa mengakses data smartphone pengguna mulai dari lokasi, kamera, dan microphone. Namun ternyata ada juga aplikasi pinjaman online lainnya yang meminta izin akses selain ketiga akses di atas mulai dari galeri, pesan, nomor telepon, file atau dokumen, ID perangat dan masih banyak lainnya yang tentunya berkaitan dengan identitas data diri pribadi pengguna.


Hal ini sebenarnya bisa saja melanggar aturan dari apa yang sudah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan demikian, jika pengguna gagal bayar tagihan hingga berbulan-bulan, maka bisa dipastikan bahwa aplikasi pinjol seperti Finmas ini bisa saja akan menyebarkan semua data informasi pribadi milik pengguna ke pihak lainnya yang tidak bertanggung jawab.


Apakah Finmas Sebar Data?


Apakah aplikasi pinjol Finmas sebar data atau tidak? Seperti yang sudah admin bahas sebelumnya bahwa pihak OJK ini setidaknya sudah memberikan tiga izin akses data saja kepada aplikasi pinjaman online untuk bisa mengakses izin data smartphone para pengguna.


Baca Juga: Finmas Apakah Ada DC Lapangan? Tetap Waspada

 

Jadi jawabannya aplikasi pinjaman online Finmas ini tidak akan menyebarkan data para penggunanya dikarenakan juga aplikasi pinjol ini sudah terjamin yang akan melindungi semua data pribadi para penggunanya. Sehingga anda pun tidak perlu ragu kembali untuk menggunakan aplikasi pinjaman online Finmas tersebut dan ditambah lagi aplikasi ini sudah lulus sertifikasi ISO serta berlisensi OJK KEP-85/D.05/2019.


Selain itu, aplikasi pinjaman online Finmas ini juga memiliki kelebihan atau keunggulan tersendiri yang bisa membuat para penggunanya menikmati dengan adanya beberapa fitur diantaranya yaitu:


  • Pinjaman online tanpa jaminan
  • Keamanan data pribadi akan terjamin
  • Bunga dan layanan yang terjangkau
  • Proses pengajuan dan pencairan yang cepat dan mudah
  • Layanan CS pelanggan yang ramah
  • Pembayaran yang cukup mudah
  • Mematuhi semua peraturan yang telah berlaku OJK

Pengajuan Ditolak Apakah Finmas Akan Sebar Data?


Jika anda mengalami gagal cair atau pengajuan pinjaman uang ditolak di aplikasi Finmas dan semua informasi data pribadi sudah masuk ke dalam aplikasi Finmas, apakah data kita akan disebarkan oleh aplikasi tersebut? Jawabannya tentu saja tidak, mengapa demikian?


Karena aplikasi Finmas ini sudah tersertifikasi ISO yang tentunya akan selalu menjaga keamanan dan melindungi semua data pribadi para penggunanya baik yang sedang meminjam ataupun pengguna yang ditolak pengajuan pinjamannya dengan alasan tertentu di aplikasi Finmas.


Jadi bagi anda sebagai pengguna jangan khawatir jika data anda dibagikan ke pihak lain karena ini tidak akan terjadi, aplikasi pinjol Finmas ini sudah diawasi oleh OJK. Jika seandainya aplikasi Finmas menyebarkan semua informasi data para pengguna, maka aplikasi ini akan mendapat hukuman dari OJK sesuai peraturan yang telah berlaku.


Galbay Finmas Apakah Sebar Data?


Apakah galbay alias gagal bayar pinjol Finmas semua data pengguna akan disebarluaskan ke pihak lain yang tidak bertanggung jawab? Nah, untuk pertanyaan yang satu ini kemungkinan bisa saja terjadi. Aplikasi Finmas ini kemungkinan besar akan mengancam para penggunanya dengan menyebarkan semua data pribadi milik pengguna jika ada pengguna yang sengaja tidak membayar sisa pinjamannya hingga berbulan-bulan.


Meskipun aplikasi ini sudah legal dan berizin OJK, namun satu hal yang harus diperhatikan yaitu aplikasi pinjol Finmas bisa saja akan mengancam data para penggunanya dengan memasukkan nama penggunanya ke daftar BI Checking atau yang biasa disebut dengan SLIK OJK jika ada pengguna yang sengaja lalai dalam membayar sisa pinjaman yang masih belum dibayar.


Maka untuk itu, khusus pengguna aplikasi Finmas jangan pernah sesekali untuk mengabaikan semua apa yang dilakukan oleh DC lapangan ataupun kantoran Finmas baik itu melalui SMS, telepon, email ataupun lainnya. Jika anda sebagai pengguna belum bisa membayar sisa pinjaman, sebaiknya anda harus bisa berbicara dengan baik-baik dan jangan khawatir karena pihak Finmas ini akan memberikan keringanan kepada para penggunanya yang mengalami gagal bayar.


Namun jika misalnya anda sebagai pengguna tidak sanggup lagi untuk membayar sisa pinjaman di aplikasi pinjaman online Finmas tersebut, maka jangan sampai anda untuk mengabaikan semua peringatan yang diberikan atau dikirimkan oleh pihak aplikasi tersebut apalagi jika anda sampai melarikan diri alias kabur tidak membayar sisa pinjaman tersebut.


Sebisa mungkin anda harus dengan cepat merespon semua pesan ataupun peringatan yang dikirimkan oleh Debt Collector lapangan atau kantoran Finmas, karena aplikasi ini pun setidaknya akan memberikan sedikit keringanan kepada para penggunanya yang telat bayar atau galbay dengan secara baik-baik dan tanpa adanya unsur pemaksaan.


Jika seandainya anda masih belum memiliki uang untuk membayar, maka jangan sampai anda untuk panik dan khawatir memikirkan semua sisa pinjaman yang masih belum dibayar tersebut. Anda harus tetap santai dan jangan sampai menjadi beban dan jika memang tidak bisa membayar maka pasrahkan saja tidak harus mundar minder kesana kemari, ada uang bayar dan kalo tidak ada pun tidak apa-apa yang penting niatnya sudah baik ingin melunasi semua sisa pinjaman tersebut.


Akhir Kata


Demikianlah pembahasan mengenai Finmas sebar data 2024 atau tidak yang dapat admin bahas pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan sekaligus menjadi referensi yang baik, share informasi ini ke teman ataupun pengguna lainnya jika informasi ini bermanfaat.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+