Iklan Header

Apakah Kredivo Masuk BI Checking? Review Penting Disini

JD Admin
Editor: Redaksi Senin, 29 April 2024, 08.53 WIB Last Updated 2024-04-29T01:53:58Z
Baca Juga

Apakah Kredivo Masuk BI Checking? Review Penting Disini - Saat ini banyak sekali ternyata para pengguna bertanya mengenai "Apakah aplikasi pinjol Kredivo masuk BI Checking atau tidak di tahun 2024 sekarang ini? Informasi tentang Kredivo masuk BI Checking ini ternyata sering kali ditanyakan oleh mereka pengguna yang mengalami telat bayar atau galbay alias gagal bayar tagihan Kredivo hinga berbulan-bulan.


 Apakah Kredivo Masuk BI Checking? Review Penting Disini


Seiiring dengan berkembangan era digital, saat ini banyak sekali ternyata platform aplikasi pinjaman online bermunculan yang menawarkan pinjaman uang kepada masyarakat dengan iming-iming persyaratan yang terbilang sangat mudah, tenor pinjaman panjang, bunga rendah dan masih banyak lainnya.


Dengan begitu masyarakat yang saat ini mungkin sedang berada dalam kondisi sangat membutuhkan uang untuk dapat memenuhi kebutuhan pokoknya dan tidak ingin disalahkan dengan berupa persyaratan dari perusahaan bank tentunya akan langsung memilih untuk mengajukan pinjaman uang melalui aplikasi pinjaman online saja.


Akan tetapi, banyak sekali masyarakat saat ini yang kurang berhati-hati ketika hendak menggunakan aplikasi pinjaman online. Banyak sekali dari mereka yang tidak memperhatikan bahwa aplikasi pinjaman online yang sedang digunakannya itu apakah sudah resmi legal dan berizin OJK atau tidak, dan sekaligus apakah platform aplikasi pinjol tersebut masuk BI Checking atau tidak?


Baca Juga: Kredivo Apakah Sebar Data atau Tidak? Ini Jawabannya

 

Maka untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan membahas salah satu masalah yang sedang banyak dialami oleh masyarakat ataupun para pengguna saat ini. Nah, salah satu yang berkaitannya yaitu dengan pinjol Kredivo, apakah aplikasi Kredivo tersebut masuk BI Checking? Yuk langsung saja simak review penting atau pembahasannya.


Apa Itu BI Checking?


Apakah anda sudah mengetahui apa itu yang dinamakan dengan BI Checking? Nah, jadi BI Checking ini adalah sebuah Informasi Debitur Individual (IDI) historis yang di dalamnya akan mencatat lancar atau tidaknya pembayaran kredit pinjaman (kolektibilitas). BI Checking ini nantinya akan memberikan informasi terkait riwayat kredit seorang pengguna atau nasabah yang dipertukarkan antar bank dan lembaga keuangan.


Jika semakin besar nilai skor BI Checking para pengguna, maka secara otomatis pengguna akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman uang atau kredit kembali ke dalam platform aplikasi pinjaman online lainnya. Adapun sebaliknya jika nilai skor kredit BI Checking rendah, maka secara otomatis pengajuan pinjaman kredit pinjaman uang pun akan dipermudah.


Adapun BI Checking ini dulunya adalah sebuah layanan informasi riwayat kredit dalam Sistem Informasi Debitur (SID). Informasi yang dipertukarkan di dalamnya ini antara lain yaitu jumlah pembiayaan yang diterima, identitas debitur agunan, pemilik dan pengurus sebuah badan usaha yang menjadi debitur, kredit pinjaman macet, dan sekaligus riwayat pembayaran cicilan kredit. Nantinya pengecekan akan langsung dilakukan melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).


Kredivo Masuk BI Checking?


Apakah Kredivo masuk BI Checking atau tidak? Dilansir dari berbagai sumber ternyata aplikasi pinjaman online Kredivo ini sudah masuk ke dalam laporan BI Checking atau yang biasa disebut dengan SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK. Ini artinya jika ada masyarakat yang sedang atau dan pernah memiliki pinjaman di Kredivo dan kemudian melakukan galbay (gagal bayar) maka catatan pembayaran secara otomatisn akan langsung tercatat di daftar hitam BI Checking.


Jika pengguna tidak membayar tagihan dalam waktu 30 hari, maka sudah dipastikan pengguna secara otomatis akan mendapatkan biaya keterlambatan dan kredit sama seperti halnya dengan penggunaan pada kartu kredit. Adapun secara keseluruhan pengguna memiliki waktu hingga 90 hari atau 3 bulan dari sejak awal jatuhnya tempo pembayaran untuk bisa membayar sisa tagihannya.


Jika sudah melewati batas dari waktu tersebut, maka sudah dipastikan pengguna akan masuk ke dalam kategori sebagai debitur atau peminjam uang yang bermasalah. Hal ataupun masalah tersebut nantinya akan mempengaruhi adanya dampak pada riwayat BI Checking menjadi buruk.


BI Checking yang buruk tentunya akan menyebabkan masalah di beberapa kemudian hari khususnya untuk masalah keuangan. Para pengguna atau nasabah nantinya akan mengalami kesulitan untuk bisa mengajukan pinjaman kembali di platform aplikasi pinjaman online lainnya atau bank.


Akhir Kata


Demikianlah pembahasan mengenai Kredivo masuk BI Checking atau tidak yang dapat admin bahas pada kesempatan kali ini. Semoga bisa memberikan manfaat dan sekaligus bisa membuat anda lebih berhati-hati kembali dalam urusan meminjam uang di aplikasi pinjol sekelas Kredivo tersebut.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+