Iklan Header

Apakah PNM Mekar Masuk BI Checking (SLIK) OJK? Tetap Waspada

JD Admin
Editor: Redaksi Rabu, 03 Januari 2024, 04.47 WIB Last Updated 2024-01-02T21:47:34Z
Baca Juga

Apakah PNM Mekar Masuk BI Checking (SLIK) OJK? Tetap Waspada - Banyak sekali ternyata orang yang bertanya mengenai "Apakah layanan pinjaman PNM Mekar masuk BI Checking (SLIK OJK) atau tidak? Informasi tentang PNM Mekar masuk BI Checking ini ternyata sering kali ditanyakan oleh mereka para pengguna yang mengalami telat atau galbay alias gagal bayar tagihan PNM Mekar 2024 hinga berbulan-bulan.


Apakah PNM Mekar Masuk BI Checking (SLIK) OJK? Tetap Waspada


Seiiring dengan berkembangan zaman saat ini banyak sekali ternyata platform dan bank pinjaman bermunculan yang akan menawarkan pinjaman uang kepada masyarakat dengan iming-iming persyaratan yang terbilang sangat mudah, tenor pinjaman panjang, bunga rendah dan masih banyak iming-iming lainnya.


Dengan begitu masyarakat yang sedang berada dalam kondisi membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya tentunya akan langsung memilih untuk mengajukan pinjaman melalui salah satu bank PNM Mekar Syariah.


Namun banyak sekali ternyata masyarakat saat ini yang kurang berhati-hati ketika sedang memiliki tagihan di salah satu bank. Banyak dari mereka yang tidak memperhatikan bahwa bank pinjaman online yang sedang digunakannya itu apakah sudah resmi legal dan berlisensi OJK atau tidak, dan sekaligus apakah platform pinjaman tersebut masuk BI Checking atau tidak?


Baca Juga: PKM Mobile PNM: Review dan Ulasan Selengkapnya!


Maka untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan membahas salah satu masalah saja yang sedang banyak dialami oleh masyarakat atau para pengguna saat ini. Nah, salah satu yang berkaitannya yaitu dengan PNM Mekar, apakah layanan pinjaman PNM Mekar masuk BI Checking? Yuk langsung saja simak review atau pembahasannya di bawah ini.


Apa Itu BI Checking?


Apakah anda mengetahui apa itu yang dinamakan dengan BI Checking? Nah, BI Checking ini adalah sebuah Informasi Debitur Individual (IDI) historis yang di dalamnya akan mencatat lancar atau tidaknya pembayaran kredit pinjaman (kolektibilitas). BI Checking nantinya akan memberikan informasi terkait riwayat kredit seorang pengguna atau nasabah yang dipertukarkan antar bank dan lembaga keuangan.


Semakin besar nilai skor BI Checking para pengguna, maka secara otomatis para pengguna pun akan kesulitan kembali untuk mengajukan pinjaman uang ke dalam platform aplikasi pinjaman online lainnya. Adapun sebaliknya jika nilai skor kredit BI Checking rendah, maka untuk pengajuan pinjaman kredit pinjaman uang pun akan dipermudah.


Adapun BI Checking ini dulunya adalah sebuah layanan informasi riwayat kredit dalam Sistem Informasi Debitur (SID). Informasi yang dipertukarkan di dalamnya antara lain yaitu jumlah pembiayaan yang diterima, identitas debitur agunan, pemilik dan pengurus sebuah badan usaha yang menjadi debitur, kredit pinjaman macet dan sekaligus riwayat pembayaran cicilan kredit. Nantinya pengecekan akan langsung dilakukan melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.


PNM Mekar Apakah Masuk BI Checking?


Apakah layanan bank PNM Mekar masuk BI Checking atau tidak? Dilansir dari berbagai sumber ternyata bank PNM Mekar yang satu ini sudah masuk ke dalam laporan BI Checking atau yang biasa disebut dengan SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK. Ini artinya jika ada seseorang yang sedang atau pernah memiliki pinjaman di PNM Mekar dan kemudian melakukan galbay (gagal bayar) maka catatan pembayaran secara otomatis akan langsung tercatat di daftar hitam BI Checking.


Jika pengguna tidak membayar tagihan dalam waktu yang sudah ditetapkan, maka sudah dipastikan pengguna secara otomatis akan mendapatkan biaya keterlambatan dan kredit sama seperti halnya dengan penggunaan pada kartu kredit. Adapun secara keseluruhan pengguna memiliki waktu sesuai dengan kesepakatan sejak awal jatuhnya tempo pembayaran untuk bisa melunasi semua sisa tagihannya.


Jika sudah melewati batas dalam jangka waktu tersebut, maka sudah dapat dipastikan pengguna akan langsung masuk ke dalam kategori sebagai debitur atau nasabah yang bermasalah. Hal ini tentunya secara otomatis akan langsung mempengaruhi adanya dampak pada riwayat BI Checking yang menjadi buruk.


BI Checking yang buruk tentunya akan menyebabkan masalah di beberapa kemudian hari khususnya untuk masalah keuangan. Para nasbaah atau debitur pun nantinya akan mengalami kesulitan untuk bisa mengajukan pinjaman uang ke dalam platform aplikasi pinjaman online lainnya.


Akhir Kata


Demikianlah informasi mengenai PNM Mekar Masuk BI Checking 2024 yang dapat admin sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga informasi di atas ini bisa memberikan manfaat dan sekaligus bisa membuat anda lebih berhati-hati kembali dalam urusan meminjam uang, sekian dan terimakasih.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+