Iklan Header

5 Cara Memblokir Rekening Sendiri 2024, Mudah Banget!

JD Admin
Editor: Redaksi Minggu, 17 Maret 2024, 19.57 WIB Last Updated 2024-03-17T12:57:43Z
Baca Juga

5 Cara Memblokir Rekening Sendiri 2024, Mudah Banget! - Banyak sekali yang bertanya mengenai apakah bisa memblokir rekening sendiri di tahun 2024 sekarang? Ketika anda sedang mengalami kehilangan kartu ATM maka ini tentunya akan membuat anda menjadi resah dikarenakan khawatir ditemukan oleh orang lain yang tidak mau bertanggung jawab dan lalu membobolnya.


5 Cara Memblokir Rekening Sendiri, Mudah Banget!


Sangat tidak diinginkan kejadian seperti itu bukan, maka dari itu jika anda mengalami kehilangan kartu ATM langsung saja anda blokir sendiri atau pun langsung datang ke bank terdekat untuk melakukan pemblokiran.


Jika anda pergi ke bank untuk memblokir rekening yang hilang tersebut, tentunya ini membutuhkan waktu yang lama dan harus mengeluarkan biaya yang lumayan cukup besar. Dengan demikian anda harus bisa mengetahui cara memblokir rekening sendiri agar lebih mudah dipahami dan praktis.


Cara Memblokir Rekening Sendiri di Saat ATM Hilang


1. Hubungi Call Center


Silahkan anda bisa menghungi call center terlebih dahulu untuk melakukan pemblokiran rekening sendiri. Anda bisa menghubungi pusat layanan call center dengan menyiapkan buku tabungan bank yang bersangkutan dan KTP dikarenakan data diri tabungan dan KTP inilah yang akan dimintai oleh petugas layanan.


Anda disini bisa mengubungi call center di saat jam layanan perbankan agar proses pemblokiran rekening bisa berlangsung dengan cepat. Semakin cepat melakukan pemblokiran maka akan semakin cepat juga ATM yang hilang tersebut tidak bisa digunakan lagi.


Baca Juga: 5 Cara Transfer BRI Lewat ATM Hingga BRILink, Simak Caranya!


2. Gunakanlah Internet Banking


Pada saat ini semua perbankan menggunakan Internet banking, hal inilah yang memberikan kemudahan untuk bertransaksi perbankan termasuk memblokir rekening. Cara memblokir rekening sendiri ini bisa dilakukan dengan memilih menu data tabungan pribadi, kemudian pilihlah untuk non aktifkan rekening tabungan.


Masing-masing Internet banking ini pastinya memiliki tampilan berbeda-beda pada setiap bank, namun semua fiturnya hampir memiliki fungsi yang sama. Semua aktivitas perbankan seperti transfer, pembayaran tagihan, cek saldo, pembelian pulsa hingga pemblokiran rekening bisa anda lakukan melalui Internet banking.


3. Gunakan Mobile Banking


Selain dengan menggunakan Internet banking, fasilitas perbankan pun memiliki mobile banking. Sebenarnya mobile banking ini memiliki fungsi yang sama dengan Internet banking, hanya saja kedua fasilitas perbankan ini berbeda dari media yang digunakannya. Mobile banking ini tidak menggunakan akses Internet melainkan langsung dari layanan SMS.


Fiturnya pun sama saja seperti transfer, cek saldo, pembelian voucher pulsa, pembayaran tagihan, bisa menggunakan fitur Mobile Banking dan bisa digunakan untuk memblokir rekening agar rekening tersebut tidak aktif dan tidak bisa digunakan lagi untuk melakukan transaksi.


4. Jangan Isi Saldo Tabungan Selama 3 Bulan


Setelah penarikan saldo tabungan hingga saldo minimal melalui rekening tabungan dengan ATM hilang, selanjutnya anda jangan pernah melakukan pengisian saldo tabungan tersebut selama 3 bulan. Hal ini merupakan cara memblokir rekening sendiri karena saldo yang tidak diisi selama 3 bulan akan secara otomatis diblokir oleh sistem perbankan.


Disini anda jangan pernah melakukan aktivitas perbankan apapun di rekening tabungan agar rekening bisa segera diblokir dengan cepat. Setelah ATM anda hilang, maka anda disarankan untuk tidak menggunakan rekening lagi untuk melakukan transaksi apapun tetapi anda bisa membuat rekening baru.


5. Kosongkan Saldo Hingga Habis


Selain itu anda juga bisa memblokir rekening sendiri dengan cara mengambil semua uang tabungan dari bank. Penarikan tabungan ini harus dilakukan secara tunai hingga saldo minimal, dengan demikian kartu ATM yang hilang pun tidak bisa akses lagi karena tidak adanya saldo. Penarikan tabungan bisa dilakukan dengan menggunakan Internet banking atau m-banking.


Cara penarikan tabungan dengan menggunakan banking serta mobile banking ini yaitu dengan memindahkan saldo tabungan pada rekening ke rekening lain dengan cara transfer melalui Internet banking, dengan demikian saldo tabungan rekening ATM anda yang hilang pun bisa diblokir dengan mudah dan praktis.


Akhir Kata


Demikianlah informasi singkat mengenai 5 Cara Memblokir Rekening Sendiri yang bisa anda lakukan disaat anda sedang mengalami kehilang kartu ATM. Silahkan anda bisa mencoba salah satu cara yang sudah admin sampaikan diatas, selebihnya jika anda tidak paham dan mengerti maka anda bisa langsung saja pergi ke bank terdekat.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+