Iklan Header

Apa yang Dilakukan TPK Saat Mengunjungi Ibu Pasca Salin yang Beresiko?

JD Admin
Editor: Redaksi Kamis, 30 November 2023, 08.47 WIB Last Updated 2023-11-30T01:47:54Z
Baca Juga

Apa yang Dilakukan TPK Saat Mengunjungi Ibu Pasca Salin yang Beresiko? - Banyak sekali masyarakat saat ini yang bertanya mengenai apa saja hal yang akan dilakukan oleh TPK saat mengunjungi ibu pasca salin yang beresiko? Pertanyaan tersebut belakangan ini sering muncul, maka untuk itu simak terus pembahasan di bawah ini karena admin akan memberikan jawabannya khsusus bagi anda sahabat pembaca yang membutuhkan.


Apa yang Dilakukan TPK Saat Mengunjungi Ibu Pasca Salin yang Beresiko?


BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) telah mengatakan bahwa TPK (Tim Pendamping Keluarga) yang di dalamnya terdiri atas bidan, kader KB, kader IMP dan kader PKK akan selalu mengawal perkembangan kesehatan para calon pengantin melalui aplikasi Elsimil.


Baca Juga: Apa Yang Tidak Diukur dalam Aplikasi Elsimil Bagi Catin Adalah?

 

Adapun dalam peraturan presiden nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting salah satu prioritas kegiatan yang termuat dalam RAN PASTI merupakan suatu pelaksanaan pendamping keluarga berisiko stunting dan pendampingan semua capin dan surveilans keluarga berisiko stunting.


Aplikasi Elsimil dijamin akan membantu TPK untuk melakukan pendampingan langsung terhadap keluarga yang beresiko stunting dengan tepat pada sasarannya, pendampingan untuk saat ini juga bahkan telah dilakukan kepada capin atau calon pengantin.


Apa yang Akan Dilakukan TPK Saat Mengunjungi Ibu Pasca Salin yang Beresiko?


Tim Pendamping Keluarga atau TPK saat ini sudah banyak melaksanakan kegiatan kunjungan ibu hamil dan pasca persalinan. Adapun beberapa TPK di beberapa desa dinyatakan telah mendampingi keluarga ibu hamil secara insentif dari menjelang persalinan hingga melahirkan, sehingga dapat dipantau langsung kesulitan apa saja yang dialami oleh bumil yang beresiko tinggi.


Adapun yang akan dilakukan oleh TPK saat mengunjungi ibu pasca salin yang beresiko tersebut yaitu akan mendampingi untuk melakukan konseling KB. Pemantapan bagi ibu hamil pasca salin agar bisa mendapatkan akses ber-KB ini terbilang sangat penting, mengapa demikian? Yah dikarenakan semua ibu pasca salin pastinya ingin menunda hamil terlebih dahulu dalam waktu selama 1-2 tahun.


Dalam kunjungan ini TPK telah menyampaikan hal-hal penting yaitu yang meliputi asupan gizi ibu hamil dan mendapatkan akses air bersih yang layak untuk dikonsumsi, kesehatan reproduksi, KIE terkait gizi dan masih banyak lainnya. Selain itu ada beberapa hal penting lainnya yang akan dilakukan oleh TPK saat mengunjungi ibu pasca salin beresiko yaitu:


  • Melakukan penilaian resiko dengan bertanya langsung mengenai riwayat kesehatan ibu pasca salin, apakah ibu tersebut memiliki riwayat penyakit tertentu atau memiliki faktor risiko tertentu yang tentunya bisa memperburuk situasi kondisinya.
  • Menjaga kebersihan diri seperti misalnya mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir yang bersih, menggunakan alat pelindung diri, dan membersihkan peralatan yang akan digunakan.
  • Merujuk ibu pasca salin untuk pergi langsung ke fasilitas kesehatan yang lebih memadai jika diperlukan atau jika ada terdapat tanda bahaya yang mengkhawatirkan.
  • Memberitahukan informasi mengenai kesehatan pada ibu pasca salin mengenai cara merawat diri dan bayi yang baik dan benar dan sekaligus tanda-tanda bahaya yang harus tetap diwaspadai.
  • Memberikan dukungan sosial dan emosional pada ibu pasca salin yang mungkin dirinya merasa cemas ataupun stres.

Akhir Kata


Demikianlah informasi singkat mengenai apa yang dilakukan TPK saat mengunjungi ibu pasca salin yang beresiko yang dapat admin sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi anda sahabat pembaca yang sedang membutuhkan informasinya, sekian dan terimakasih.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+