Iklan Header

TERJAWAB! Arti Kenapa Kembar Mayang Tidak Diangkat & Diangkat?

JD Admin
Editor: Redaksi Minggu, 07 Januari 2024, 21.04 WIB Last Updated 2024-01-07T14:04:01Z
Baca Juga

TERJAWAB! Arti Kenapa Kembar Mayang Tidak Diangkat & Diangkat? - Salah satu pertanyaan terkait kenapa kembar mayang tidak diangkat dan diangkat (di angkat) sejajar perut artinya adalah apa saat ini sedang banyak diperbincangkan oleh mereka para netizen yang ingin mengetahui makna sebenarnya, maka untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasannya.


TERJAWAB! Arti Kenapa Kembar Mayang Tidak Diangkat & Diangkat?


Masyarakat Jawa hingga saat ini tentunya masih memegang teguh adat istiadat dalam beberapa kesempatan, dan salah satunya yaitu upacara pernikahan. Dalam tradisi Jawa, resepsi pernikahan ini biasanya dilengkapi dengan prosesi temu manten atau pertemuan langsung antara kedua mempelai. Tradisi ini akan dilakukan setelah ijab kabul sudah dilaksanakan, biasanya mempelai wanita akan menunggu kedatangan dari seorang mempelai pria dari pelaminan.


Baca Juga: Kembar Mayang Denny Caknan, Netizen Sebut Istrinya Hamil Duluan!

 

Mempelai pria akan didampingi langsung oleh beberapa rombongan. Nah, diantara pengiring atau pendamping mempelai pria, ada terdapat dua cantrik yang akan membawa sebuah rangkaian bahan yang terbuat langsung dari daun kelapa muda. Adapun rangkaian ini disebut dengan kembar mayang, apakah anda sudah mengetahui apa itu kembar mayang dalam adat Jawa?


Apa itu Kembar Mayang?


Kembar mayang ini berasal dari dua kata, yaitu kembar yang artinya adalah sama, dan mayang yang artinya adalah bunga. Kembar mayang merupakan dua rangkai bunga yang mempunyai persamaan wujud, bentuk, dan isinya. Kembar mayang adalah sebuah simbol cita-cita, kemauan, dan juga harapan.


Setelah anda mengetahui apa itu kembar mayang, sekarang anda harus mengetahui makna dari arti kembar mayang diangkat dan tidak. Hal ini bertujuan untuk bisa mengetahui salah satu adat yang hingga saat ini masyarakat Jawa lakukan. Nah, adapun kembar mayang tidak diangkat ini artinya adalah mempelai wanita sudah tidak perawan lagi alias sudah memiliki isi kandungan di dalamnya.


Artikel Terpopuler:



Sedangkan jika kembar mayang diangkat sejajar dengan pundak, maka mempelai wanita bisa dikatakan masih perawan dan belum memiliki isi kandungan alias belum hamil. Jika kembar mayang diangkat ketika seorang mempelai wanita sedang mengandung, maka hal ini ditakutkan akan terjadi miskram (keguguran). Perlu diperhatikan juga bahwa adat ini tidak sama dengan adat di daerah lain, jadi jangan beranggapan bahwa tradisi ini sama dengan daerah lainnya.


Akhir Kata


Demikianlah informasi singkat mengenai Kembar Mayang Tidak Diangkat & Diangkat yang dapat admin sampaikan pada artikel pembahasan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan sekaligus menjadi referensi yang baik, sekian dan terimakasih.



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+