Iklan Header

15 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

JD Admin
Editor: Redaksi Jumat, 10 Juni 2022, 19.52 WIB Last Updated 2022-06-10T12:52:53Z
Baca Juga

15 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan - Air kelapa ini dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Tidak hanya menyegarkan tubuh saat cuaca panas saja, air kelapa ini pun bisa menambah elektrolit dan mineral pada tubuh. Bahkan air kelapa memiliki kandungan nutrisi seperti antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh.


15 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan


Sebagai minuman kandungan utama air kelapa ini tersusun atas mineral, elektrolit, dan vitamin. Di dalam air ini kelapa terdapat gula, akan tetapi kandungan gula ini jumlahnya lebih sedikit dari minuman bersoda, minuman kemasan, atau sop buah. Selain itu, air kelapa ini juga memiliki kandungan karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak yang semakin melengkapi zat gizi di dalam air kelapa tersebut.


Melansir fakta yang sudah ada terdapat pada data kompisisi Indonesia, 100 gram air kelapa ini memiliki komposisi gizi yaitu sebagai berikut:


  • Protein: 0.2 gram
  • Kalsium: 15 miligram
  • Energi: 17 Kalori
  • Lemak: 0.1 gram
  • Forfor: 8 mg
  • Natrium: 1 miligram
  • Kalium: 149 miligram
  • Karbohidrat: 3.8 gram
  • Besi: 0.2 gram


Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata dengan Cepat


Dari data gizi air kelapa diatas ini, sudah terlihat bahwa air kelapa mengandung kalium tinggi dibandingkan dengan minuman olahraga yang diformulasi, kandungan pada air kelapa ini lebih tinggi.


15 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui!


1. Baik Untuk Kesehatan Pencernaan


Air kelapa ternyata diklaim bisa menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa ini digunakan untuk mengobati diare, cacingan, gangguan pencernaan, konstipasi, infeksi kandungan kemih, dan gangguan ginjal. Air kelapa ini berguna saat anda terkena diare karena bisa menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. 


2. Memperlambat Penuaan


Ternyata air kelapa memiliki manfaat baik bagi kecantikan anda para wanitas. Memang khasiat air kelapa untuk kecantikan ini yaitu bisa membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin merupakan salah satu hormon pertumbuhan di dalam air kelapa yang berfungsi untuk mengatur perkembangan, pertumbuhan, dan penuaan sel.


3. Mencegah Penyakit Batu Ginjal


Minum banyak air kelapa ini sangat baik terutama untuk kesehatan ginjal. Jika air putih cukup mendukung fungsi ginjal, minum air kelapa ternyata lebih bermanfaat. Perlu anda ketahui bahwa batu ginjal inn terbentuk ketika kalsium, asam oksalat, dan komponen lain mengendap menjadi kristal dan terbawa di dalam urine. Hal ini terjadi dikarenakan air kelapa bisa meminimalisir radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat di dalam urine.


Baca Juga: Ketahui! Inilah 5 Cara Menurunkan Berat Badan 3 Kg dalam 1 Hari


4. Mengahalau Radikal Bebas


Selama proses metabolism tubuh juga bisa menghasilkan sel-sel yang berbahaya seperti radikal bebas. Produksi sel ini akan meningkat saat tubuh anda sedang mengalami stress atau sakit. Terlalu banyak kandungan radikal bebas, tubuh ini akan mencapai kondisi stres oksidatif yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh.


5. Menekan Tekanan Darah dan Kolestrol


Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan minum air kelapa ini sangat bagus untuk kesehatan jantung. Lantaran air kelapa ini bisa membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi risiko serangan jantung, menurunkan tekanan darah dinggi serta stroke. Hal ini dikarenakan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam kandungan air kelapa.


6. Menggantikan Cairan Tubuh


Air kelapa ini merupakan salah satu minuman isotonik alami yang bisa memberikan banyak manfaat seperti minuman olahraga yang sudah diformulasi. Kandungan elektrolit dalam air kelapa ini bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga. Selain itu, air kelapa ini dibentuk dari proses alami dalam buah kelapa sehingga lebih sehat untuk diminum dibandingkan dengan minuman berkemasan lainnya yang diformulasi.


7. Menjaga Kesehatan Kulit


Kekurangan hidrasi ini akan menyebabkan kulit anda menjadi kering dan lama kelamaan akan berkriput. Namun tenang, untuk solusinya disini anda bisa mengkonsumsi air kelapa muda untuk mengatasinya, dan inipun sudah terbukti berkualitas dan terjamin.


8. Memiliki Kandungan Antioksidan


Kandungan antioksidan ini ternyata sangat penting untuk bisa menjaga kesehatan tubuh agar bisa tetap terlihat muda. Antioksidan ini sangat berperan yaitu sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas biasanya akan timbul di lingkungan seperti asap, stres, racun, dan produk pengawet makanan.


9. Meningkatkan Sistem Imunitas


Ternyata air kelapa ini memiliki kandungan vitamin seperti niacin, thiamin, folates, dan pyridxine. Kandungan-kandungan inilah yang bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, dan menambah sistem kekebalan tubuh kita.


10. Memaksimalkan Kinerja Fisik


Jika tubuh anda kekurangan air, maka anda akan mengalami dehidrasi dan kinerja fisik anda akan menurun secara drastis. Untuk solusinya yaitu anda harus sering mengkonsumsi buah air kelapa, air kelapa ini diyakini bisa untuk mengembalikan kembali kinerja fisik anda yang bagus.


11. Mencegah Sakitk Kepala


Buah air kelapa muda ini dipercaya bisa mencegah dan mengobati sakit kepala akibat terkenanya dehidrasi. Jika anda mengalami sakit kepala sewaktu waktu, maka untuk solusinya anda bisa meminum salah satu air kelapa muda ini.


12. Mengobati Sakit Perut


Mengkonsumsi gula dan air terlalu banyak ini akan bisa menyebabkan radang perut dan akan menghilangkan mineral seperti magnesium, natrium dan kalium. Solusinya disini anda harus meminum air kelapa muda, air kelapa muda ini bisa mengembalikan nutrisi yang tadi menjadi vit kembali.


13. Mencegah Jantung Tetap Sehat


Air kelapa ini tidak mengandung lemak dan kolesterol, jadi intinya air kelapa ini akan menambah kolesterol baik dan bisa menurunkan kolesterol jahat, dan bagus untuk melindungi jantung. Jika anda sering mengkonsumsi air kelapa muda, maka ini sangat bagus untuk anda agar tidak terserang penyakit jantung.


14. Menurunkan Berat Badan


Asupan air yang cukup ini akan sangat bagus untuk bisa mengoptimalkan sel dalam tubuh kita agar tetap mendapatkan nutrisi dan sistem metabolisme. Selain itu, air kelapa ini juga bisa dipercayai bagus untuk anda yang melakukan program diet, atau menurunkan berat badan karena air kelapa ini memiliki kandungan efek kenyang lebih lama sehingga anda tidak akan cepat lapar.


15. Minuman Alami Setelah Cape Berolahraga


Elektronik yang ada pada air buah kelapa ini ternyata sangat cocok untuk anda minum setelah cape melakukan aktivitas olahraga. Kandungan yang ada di dalam buah air kelapa ini sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menyegarkan tubuh kembali seperti semula.


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai manfaat air kelapa mudah untuk kesehatan tubuh yang wajib anda ketahui. Semoga dengan adanya informasi ini bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi referensi yang baik bagi anda sahabat pembaca dimanapun sekarang berada.


Sekian dan terimakasih



Baca Juga Artikel Menarik JabarDigital.com Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+